Tentangku. Akhir-akhir ini.

Kata Tracy McConnell, istri Ted Mosby di How I Met Your Mother: Life only moves forward. So, let’s talk about moving on.

Jadi ketika hubungan saya yang hampir berusia 3 tahun (kurang 2 hari) itu kandas, salah satu tujuan utama dan patokan saya dalam move on adalah kolom Friends yang ada di main page Facebook saya. Pokoknya saya keukeuh kepingin itu berubah.

Jadi sewaktu dulu itu yg paling atas dan paling kiri itu yang nongol foto mantan saya. Pas hubungan kami berakhir, saya cuma pengen dia ga ada di situ lagi. Kenapa sih? Sepele kan? Ya, karena melihat dia di situ hanya mengingatkan saya dengan masa lalu, dengan betapa dulu pernah ada sesuatu (yang meaningful) di antara kami, yang sudah gak ada lagi ketika kami selesai. Jadi saya benar-benar dalam hati kepingin banget dia hilang dari situ, syukur-syukur kalau ada yang bisa menggantikan posisinya di situ.

Sampai beberapa minggu sih setelah kami putus sih, sebenernya dia masih di situ (di section “Friends” tersebut) walaupun turun sedikit-sedikit dari puncaknya, dan akhirnya hilang juga walaupun kayaknya sih karena dia mencabut sepihak dirinya dari daftar teman. Di-unfriend gitu lho saya. :p Ya, lagi-lagi ini sebenernya sepele sih dan pasti ada lah beberapa di antara kalian yang dari tadi udah komat-kamit, “Apaan lah.. cuma gituan doang kok dipikirin.” Memaaang sepele kok, tapi simbolismenya dong. :>

Singkat kata sih, sekarang ketika telah lewat tiga bulan sejak kejadian itu, tampaknya sih saya bisa bernapas lega. Apalagi posisi terutama di situ digantikan oleh seseorang yang bisa dibilang.. apa ya.. ya anggap saja seseorang yang (sangat) berarti dalam hidup saya. :p

10155601_10202604680531028_1827575013_111n

Sekarang kalau saya mencoba kembali ke 3 bulanan lalu, mana ada sih saya kepikiran ini semua bakal jadi kayak begini. Gak terbayang, lho, kalau saya bisa maju secepat ini. Remember, life only moves forward. Sekarang kalau saya lihat lagi kolom “friends” tersebut, saya senang, saya lega. So many things have changed and they happened for a better purpose. Saking leganya perasaan ini saat ini, kalau misalnya saya diajak nongki lagi oleh masa lalu, saya akan bilang, “thanks, but no thanks.” Sebenarnya sih petuah bijak ini berangkat dari kata-kata si mantan juga sih, “Kalau udah cape-cape deal dengan sakit dan proses move on-nya, ngapain balikan lagi? Kok mundur?” Ya, memang benar. Lagian, at this point, I feel so excited about what could probably happen with my life with someone new.

And actually, I start to feel happy again, instead of just being indifferent about things. I have someone to wait for, I have someone to care about, I have someone to listen to, I have someone to talk about life with and it feels good. It feels “myself” again. And although at some points, this whole waiting and expecting become really hard, somehow I still believe that life will answer me good. And even though at many times I’m afraid that I’m gonna be hurt again, one thing that I always remember is that if I could deal with my past, I can also deal with everything in front of me.

Oh iya, kelupaan… izinkan gue nge-quote Barney, “New is always better“. Amen.

tumblr_lmd52ib88C1qkjxr5o1_1280

Tentangku. Akhir-akhir ini.

Leave a Reply

